Posted by : Unknown Senin, 03 Juni 2013


Hidayat, Dedy. (2012). Korelasi Kemampuan Berpikir Formal dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah (Siswa SMP Muhammadiyah 2 Samarinda pada Konsep Alat Optik). Dibimbing oleh Drs. Johansyah, M.Pd, M.Si sebagai Pembimbing I dan Drs. Benyamin Matius, M.Pd sebagai Pembimbing II.

Kemampuan berpikir formal adalah salah satu unsur dalam teori perkembangan intelektual Piaget. Dalam konteks pembelajaran Fisika, kemampuan berpikir formal mempunyai peranan yang penting untuk memahami konsep, hukum dan prinsip-prinsip Fisika. Kemampuan seseorang untuk membuat analisis dan mengembangkan teori Fisika memerlukan kemampuan berpikir formal. Kemampuan berpikir formal terdiri dari 5 jenis kemampuan berpikir, yaitu identifikasi dan kontrol varibel, berpikir kombinatorial, proporsional, korelasional dan probabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir formal dan hasil belajar kogitif siswa kelas VIII-A dalam pembelajaran berbasis masalah pada materi alat-alat optik, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan keduanya. Kemampuan berpikir formal tersebut diukur menggunakan Test of Logical Thinking yang terdiri dari 8 soal pilihan ganda beralasan dan 2 soal essay. Diperoleh paling banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir formal jenis kombinatorial, yakni 90%. Hasil belajar kognitif siswa adalah rata-rata nilai tugas dan tes akhir selama kegiatan pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,61 dengan nilai tertinggi 86 dan terendah 32. Hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan tingkat hubungan antara kemampuan berpikir formal dan hasil belajar dalam pembelajaran berbasis masalah. Diperoleh tingkat hubungan positif kedua variabel tersebut dengan kategorikan “Kuat” yakni koefisien korelasi keduanya 0,662 dengan taraf kontribusi kedua variabel sebesar 44%.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Assalamu'alaikum

Popular Post

- Copyright © Buaioy Salimbatu - Robotic Notes - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Dedy HIdayat, S.Pd